Green Canyon

Sabtu, 11 Mei 2013

 Green Canyon Pangandaran.








Selama ini kita tentu sering mendengar tentang eksotisme obyek wisata Grand Canyon yang terletak di daerah utara Arizona, Amerika Serikat. Grand Canyon merupakan fenomena alam yang berbentuk jurang dan tebing terjal serta dialiri oleh Sungai Colorado. Bagi Anda yang memendam keinginan kuat untuk mengunjungi tempat tersebut namun terkendala oleh biaya, Anda jangan kecewa. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa Indonesia juga memiliki obyek wisata serupa. Di daerah Jawa Barat, terdapat aliran sungai yang diapit oleh tebing yang menjulang sehingga menciptakan pemandangan yang sangat eksotis dan nyaris persis dengan pemandangan di Grand Canyon Amerika. Oleh karena itulah, pesona alam di tanah Pasundan tersebut diberi nama Green Canyon.
Green Canyon adalah tempat yang tidak akan dilewatkan saat mengunjungi daerah Pangandaran
 Hal ini tidak berlebihan karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang sulit didapat dari tempat wisata lainnya. Pemandangan indah dan keasrian ditawarkan di Green Canyon yang sebelumnya bernama Cukang Taneuh.

Green Canyon
Tempat wisata Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan dari Prancis. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan tempat ini disebut Green Canyon. Sedangkan nama sebelumnya, Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras.


Gua Green Canyon
Pemandangan yang indah menanti Anda setelah turun dari perahu. Anda dapat menikmati sisi gua yang kokoh dengan melihat stalagtit dan stalagmit yang masih meneteskan air. Air terus menerus dikeluarkan di tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daeah hujan abadi. Anda juga dapat berenang dalam gua dengan menggunakan pelampung. Anda akan merasakan air yang terasa dingin dan menyegarkan. Pemandangan semakin cantik ketika menyaksikan air terjun Palatar yang terdapat dalam Gua Green Canyon. Berenang di air yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi dan melihat stalagtit dan stalagmit pasti merupakan pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan.





Green Canyon atau Cukang Taneuh memang merupakan tempat wisata yang indah di daerah Pangandaran. Tetapi, bila Anda berniat mengunjungi tempat ini sebaiknya berkunjung pada musim kemarau karena pada musim ini, air sungai Cijulang berwarna hijau tosca. Sedangkan pada musim hujan, saat curah hujan tinggi, air sungai akan berwarna coklat. Selain itu pada musim hujan ada kemungkinan air sungai akan pasang atau aliran air sungai yang terlalu deras sehingga tempat ini ditutup untuk umum demi keselamatan pengunjung.

B. Lokasi

Secara administratif, obyek wisata Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

C. Akses

Green Canyon hanya berjarak sekitar 31 km dari Pantai Pangandaran atau sekitar 45 menit perjalanan. Sedangkan dari ibukota Kabupaten Ciamis berjarak 130 km, dan 393 km dari Jakarta atau kurang lebih 7-8 jam perjalanan darat. Setelah sampai di Dermaga Ciseureuh, Anda harus melanjutkan perjalanan menyusuri Sungai Cijulang menggunkan kapal kecil atau ketinting. Jarak dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3 km dan biasa ditempuh dalam waktu 30-40 menit pulang pergi.

E. Harga Tiket

Untuk dapat menyusuri Sungai Cijulang dengan tepian tebing-tebing yang tinggi, Anda dapat menyewa sebuah perahu dengan tarif Rp75.000,00 yang bisa diisi oleh 5 penumpang. Tarif ini berlaku selama 45 menit pengarungan sungai. Jika Anda ingin menjelajah lebih jauh ke hulu sungai, Anda harus membayar biaya tambahan kepada tukang perahu yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan.
Bagi Anda yang ingin berenang menyusuri lorong-lorong bebatuan yang unik dan merasakan sensasi hujan abadi atau cipratan Air Terjun Palatar, Anda bisa menyewa pelampung yang disediakan oleh awak kapal. Untuk satu pelampung dikenai biaya Rp5.000,00 (Februari 2009).

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Dermaga Ciseureuh merupakan fasilitas utama yang telah dibangun di tempat ini. Tidak hanya berfungsi sebagai dermaga di mana tempat kapal berlabuh, di tempat tersebut juga terdapat mushola, taman bermain, kamar mandi umum, rumah makan, dan berbagai toko yang menjual suvenir maupun makanan. Karena lokasinya yang berdekatan dengan obyek wisata Batu Karas, Pangandaran, Cagar Alam Sungai Citumang, dan berbagai obyek wisata lainnya, maka Anda tidak perlu merisaukan masalah penginapan karena di sekitar obyek wisata ini terdapat banyak hotel maupun wisma yang dapat Anda sewa untuk beristirahat.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kaih sudah Mengunjungi Baharinesia .Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju

 
Copyright © 2011. Bahari Indonesia - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19